PERAN MUSIKALISASI PUISI DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU DI SLB-B FROBEL MONTESSORI

Authors

  • Havita Perempuanku Universitas Indraprasta PGRI
  • Alinda Dwi Agustin Universitas Indraprasta PGRI
  • Annisa Cessarani Universitas Indraprasta PGRI
  • Sinta Pebriyanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Ayu Bandu Retnomurti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36728/scsej.v2i1.7

Keywords:

musikalisasi puisi, flashcard, kosakata, siswa tunarungu

Abstract

Kurangnya perbendaharaan kosakata dan ketidakmampuan dalam mengucapkan suatu kata merupakan tantangan signifikan bagi siswa tunarungu, dimana keduanya menjadi elemen krusial dalam proses komunikasi. Tujuan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang pengabdian kepada masyarakat ini adalah memanfaatkan musikalisasi puisi untuk meningkatkan kosakata siswa tunarungu di SLB-B Frobel Montessori yang dibantu dengan media ajar berbentuk flashcard. Metode yang digunakan berupa ceramah, demonstrasi, dan praktik serta penggunaan media ajar flashcard. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Hasil menunjukkan bahwa pengujian data melibatkan uji hipotesis telah sesuai diterapkan pada siswa tunarungu dan diharapkan dapat efektif meningkatkan kosakata mereka. Dengan demikian, program PKM pengabdian masyarakat berhasil memecahkan masalah siswa tunarungu dalam meningkatkan kosakata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kpin, A. dan Wijaya, P.D.R. 2008. Musikalisasi puisi (Tuntunan dan pembelajarannya). Hikayat Publishing. Yogyakarta.

Munika, S., Nasriah, S., Dyah, L. and Ubaidurrosyid, A., 2014. Penambahan Kosakata dan Peningkatan Nilai Kehidupan pada Anak Tunarungu melalui Musikalisasi Puisi. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 9(02), 192.

Noviawati, P. 2017. Mengembangkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Tunarungu (Studi Kasus Menggunakan Media Swishmax). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suparno., Purwarno, H. dan Purwanto, E. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjen Dikti Depdiknas. Jakarta.

Susilawaty, A., Tasruddin, R., Ahmad, D. dan Salenda, K. 2016. Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research). Nur Khairunnisa. Makassar.

Wahyuni, S. 2020. Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 10.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. 2020. Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 24.

Winarsih, M., 2007. Intervensi dini bagi anak tunarungu dalam pemerolehan bahasa. Dirjen DIKTI Depdiknas. Jakarta.

Downloads

Published

2024-01-26